KISI KISI PAS PAI

KISI-KISI SOAL PENILAIAN  AKHIR SEMESTER SATU
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi       Pekerti                                                                      Bentuk Soal  : Pilihan Ganda dan Essay
Kelas / Semester :  VIII / Satu                                         Jumlah Soal  : 45 butir
 
No Standar Kompetensi Kompetensi yang diujikan Indikator Soal No. Soal Bentuk
Soal
1 Meyakini kitab – kitab Allah mencintai  Beriman kepada kitab – kitab suci yang   Ditampilkan isi kandungan Al Qur'an, peserta didik dapat    
  Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT menunjukkan dalil naqli tentang iman kepada kitab sebelum     
      Al Qur'an 1 PG
      Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat    
      menyebutkan ajaran pokok yang terkandung dalam semua kitab    
      Allah 2 PG
    Memahami makna beriman kepada kitab  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjuk-    
    kitab Allah SWT kan perbedaan antara kitab dan suhuf dengan benar 3 PG
      Diatmpilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjuk-    
      kan cara beriman kepada kitab-kitab Allah 4 PG
      Ditampilkan ayat-ayat Al Qur'an, peserta didik dapat     
      menyebutkan isi kandungan ayat tersebut 5 PG
      Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebut-    
      kan keistimewaan kitab suci Al Qur'an dengan benar 6 PG
      Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan    
      fungsi iman kepada kitab-kitab Allah 7 PG
2 Menghindari minuman keras, judi, Meyakini bahwa minuman keras, judi, dan  Ditampilkan dalil naqli, peserta didik dapat menyebutkan isi    
  dan pertengkaran pertengkaran dilarang oleh Allah SWT. kandungan ayat Al Qur'an dengan benar 8 PG
    Menyajikan dampak bahaya mengkonsumsi  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjuk-    
    minuman keras, judi, dan pertengkaran kan dampak negatif perjudian 9 PG
      Dideskripsikan perilaku seseorang, peserta didik dapat menyebut-    
      kan salah satu faktor penyebab pertengkaran 10 PG
      Ditampilkan beberapa ayat, peserta didik dapat mengklasifikasi-    
      kan bacaan yang mengandung hukum bacaan qalqalah kubra 11 PG
      Ditampilkan beberapa ayat, peserta didik dapat mengklasifikasi-    
      kan bacaan yang mengandung hukum bacaan qalqalah sughra 12 PG
3 Mengutamakan kejujuran dan  Menunjukkan perilaku jujur dan adil Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebut-    
  menegakkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari kan perilaku jujur di sekolah 13 PG
      Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjuk-    
      kan sikap jujur dalam berpenampilan 14 PG
      Ditampilkan contoh sikap adil, peserta didik dapat mengidentifi-    
      kasikan jenis adil dengan benar 15 PG
    Meyakini bahwa perilaku jujur dan adil  Disajikan dalil naqli, peserta didik dapat menyebutkan isi     
  Standar Kompetensi adalah ajaran pokok agama kandungan dalil tentang perilaku adil dengan benar 16 PG
      Dideskripsikan tentang perilaku adil dalam Islam, peserta didik     
      dapat menunjukkan sikap adil dengan benar 17 PG
4 Memahami tata cara shalat sunah berjamaah dan munfarid Menjelaskan macam-macam shalat sunah berjamaah Disajikan tabel tentang shalat sunnah peserta didik dapat menentukan pelaksanaan salat sunah 18 PG
    Disajikan ilustrasi kejadian alam peserta didik dapat menjelaskan salat sunah yang dilakukan dari peristiwa tersebut 19 PG
    Disajikan ilustrasi tentang salat sunah peserta didik dapat membedakan salat sunah khusuf dengan salat sunah lain 20 PG
    Ditampilkan tabel tentang shalat sunnah peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat sunah dengan benar 21 PG
    Disajikan perilaku seorang peserta didik dapat menentukan salat sunah yang dilakukan dengan benar 22 PG
  Menjelaskan macam-macam shalat sunah munfarid Ditampilkan QS,al-Isra ayat 79 peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut dengan benar  23 PG
      Ditampilkan daftar nama-nama salat sunah peserta didik dapat menentukan salat sunah yang dikerjakan berjamaah 24 PG
5 Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah Menjelaskan ketentuan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah Ditampilkan pernyataan terkait sebab-sebab sujud peserta didik dapat menjelaskan sebab-sebab sujud 25 PG
      Dideskripsikan wacana tentang sujud  peserta didik dapat mengartikan arti sujud tilawah dengan benar 26 PG
  Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah Ditampilkan pernyataan terkait rukun sujud  secara acak peserta didik dapat menentukan urutan salah satu sujud  secara urut dan benar 27 PG
      Disajikan ilustrasi tentang perilaku seorang  peserta didik dapat menentukan sujud yang dilakukannya 28 PG
    Ditampilkan ilustrasi tentang bentuk syukur peserta didik dapat mengidentifikasi tata cara sujud syukur dengan benar  29 PG
6 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah dan masa Abbasiyah Menjelaskan perkembangan pada masa Umayyah Disajikan tabel tentang tokoh dan bidang keahlian peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat ilmuwan dan bidang keahliannya  30 PG
      Disajikan deskripsi tentang perkembangan ilmu masa Bani Umayyah peserta didik dapat menentukan ilmuwan dan bidang keahliannya dengan tepat 31 PG
    Menyebutkan kemunduran pada zaman Umayyah Ditampilkan pernyataan tentang sebab-sebab kemunduran Dinasti peserta didik dapat mengkalisifikasi sebab-sebab kemunduran Bani Umayyah dengan benar 32 PG
    Menyebutkan kemunduran pada zaman Umayyah Disajikan ilustrasi terkait kemajuan ilmu pengetahuan masa bani Umayyah peserta didik dapat mengambil pelajaran dari perkembangan ilmu masa Umayyah 33 PG
    Menjelaskan perrkembanhan wilayah islam  Disajikan ilustrasi pemerintahan Dinasti Umayyah peserta didik 34 PG
    pada masa bani Umayyah dapat menjelaskan penerus dinasti umayyah di Andalusia    
7 Memahami QS. Al-Furqon:63 dan al-Isra :26-27 dan hadis terkait tentang rendah hati,hemat dan hidup sederhana Tajwid dan hukum bacaan mad Disajikan tabel tentang potongan ayat dan hukum bacaan peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat ayat dan hukum bacaannya. 35 PG
    Tajwid dan hukum bacaan Qolqolah Ditampilkan QS.al-Balad ayat 1 - 10 peserta didik dapat mengidentifikasi jumlah bacaan qolqolah pada ayat tersebut dengan benar 36 PG
    Menjelaskan kesimpulan QS.al-Furqon 63  Disajikan QS.al Furqon ayat 63 peserta didik dapat mengartikan ayat yang bergaris bawah dengan benar 37  
    Menjelaskan kesimpulan QS.al-Isra Ditampilkan Surat Al-Isra ayat 27 peserta didik dapat menjelaskan 38 PG
     ayat 27 kandungan ayat tersebut dengan benar  
    Menjelaskan kesimpulan QS.al-Furqon ayat 63 Disajikan ilustrasi tentang perilaku seseorang peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri perilaku tersebut dengan benar 39 PG
    Menjelaskan kesimpulan QS.al-Isra ayat 27 Disajikan ilustrasi hidup hemat dan sederhana peserta didik dapat menjelaskan manfaat hidup hemat dan sederhana 40 PG
           
8 Meyakini kitab – kitab Allah mencintai  Memahami makna beriman kepada kitab- Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta   
  Al-Qur'an kitab Allah SWT. Rasul penerimanya 41 Essay
9 Menghindari minuman keras, judi, dan Menunjukkan perilaku menghindari  Peserta didik dapat menyebutkan cara menghindari minuma keras    
  pertengkaran minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari 42 Essay
    dalam kehidupan sehari-hari      
10 Memahami tata cara shalat sunah  Menjelaskan hikmah salat sunnah Peserta didik dapat menyebutkan hikmah shalat sunnah 43 Essey
  berjamaah dan munfarid        
11 Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah Menjelaskan ketentuan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi 44 Essey
           
12 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah dan masa Abbasiyah Menjelaskan perkembangan pada masa Umayyah Disajikan deskripsi tentang kemunduran Dinasti Bani Umayyah peserta didik dapat mengambil hikmah dari kehancuran Dinasti Bani Umayyah  45 Essey
           
Slawi,           Oktober 2019
TIM PENYUSUN KISI-KISI PAS PAI
MGMP PAI SMP KAB. TEGAL

Comments

Popular posts from this blog

SOAL-SOAL TENTANG ADAB KEPADA GURU.

Kisi-Kisi US PAI SMP 20222/2023