KISI-KISI SOAL PENILAIAN
AKHIR SEMESTER SATU |
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) |
TAHUN PELAJARAN
2019 / 2020 |
|
|
|
|
|
|
Mata
Pelajaran |
: Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti |
Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan
Essay |
Kelas
/ Semester |
: VIII / Satu |
Jumlah Soal : 45 butir |
|
|
|
|
|
|
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi yang diujikan |
Indikator Soal |
No. Soal |
Bentuk |
Soal |
1 |
Meyakini kitab
– kitab Allah mencintai |
Beriman kepada kitab
– kitab suci yang |
Ditampilkan isi
kandungan Al Qur'an, peserta didik dapat |
|
|
|
Al-Qur'an |
diturunkan oleh Allah SWT |
menunjukkan dalil naqli tentang iman
kepada kitab sebelum |
|
|
|
|
|
Al Qur'an |
1 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat |
|
|
|
|
|
menyebutkan ajaran pokok yang
terkandung dalam semua kitab |
|
|
|
|
|
Allah |
2 |
PG |
|
|
Memahami makna
beriman kepada kitab |
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjuk- |
|
|
|
|
kitab Allah SWT |
kan perbedaan antara kitab dan suhuf
dengan benar |
3 |
PG |
|
|
|
Diatmpilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menunjuk- |
|
|
|
|
|
kan cara beriman kepada kitab-kitab Allah |
4 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan ayat-ayat Al Qur'an,
peserta didik dapat |
|
|
|
|
|
menyebutkan isi kandungan ayat
tersebut |
5 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menyebut- |
|
|
|
|
|
kan keistimewaan kitab suci Al Qur'an dengan benar |
6 |
PG |
|
|
|
Disajikan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat menentukan |
|
|
|
|
|
fungsi iman kepada kitab-kitab Allah |
7 |
PG |
2 |
Menghindari
minuman keras, judi, |
Meyakini bahwa
minuman keras, judi, dan |
Ditampilkan dalil
naqli, peserta didik dapat menyebutkan isi |
|
|
|
dan pertengkaran |
pertengkaran dilarang oleh Allah SWT. |
kandungan ayat Al Qur'an dengan
benar |
8 |
PG |
|
|
Menyajikan dampak bahaya
mengkonsumsi |
Ditampilkan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat menunjuk- |
|
|
|
|
minuman keras,
judi, dan pertengkaran |
kan dampak
negatif perjudian |
9 |
PG |
|
|
|
Dideskripsikan perilaku seseorang,
peserta didik dapat menyebut- |
|
|
|
|
|
kan salah satu faktor penyebab
pertengkaran |
10 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan
beberapa ayat, peserta didik dapat mengklasifikasi- |
|
|
|
|
|
kan bacaan yang mengandung hukum
bacaan qalqalah kubra |
11 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan beberapa ayat, peserta
didik dapat mengklasifikasi- |
|
|
|
|
|
kan bacaan yang mengandung hukum
bacaan qalqalah sughra |
12 |
PG |
3 |
Mengutamakan
kejujuran dan |
Menunjukkan perilaku
jujur dan adil |
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menyebut- |
|
|
|
menegakkan keadilan |
dalam kehidupan sehari-hari |
kan perilaku jujur di sekolah |
13 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat menunjuk- |
|
|
|
|
|
kan sikap jujur dalam berpenampilan |
14 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan contoh sikap adil,
peserta didik dapat mengidentifi- |
|
|
|
|
|
kasikan jenis adil dengan benar |
15 |
PG |
|
|
Meyakini bahwa perilaku jujur dan
adil |
Disajikan dalil naqli, peserta didik
dapat menyebutkan isi |
|
|
|
Standar Kompetensi |
adalah ajaran pokok agama |
kandungan dalil tentang perilaku
adil dengan benar |
16 |
PG |
|
|
|
Dideskripsikan tentang perilaku adil
dalam Islam, peserta didik |
|
|
|
|
|
dapat menunjukkan sikap adil dengan
benar |
17 |
PG |
4 |
Memahami tata
cara shalat sunah berjamaah dan munfarid |
Menjelaskan
macam-macam shalat sunah berjamaah |
Disajikan
tabel tentang shalat sunnah peserta didik dapat menentukan pelaksanaan salat
sunah |
18 |
PG |
|
|
|
Disajikan
ilustrasi kejadian alam peserta didik dapat menjelaskan salat sunah yang
dilakukan dari peristiwa tersebut |
19 |
PG |
|
|
|
Disajikan
ilustrasi tentang salat sunah peserta didik dapat membedakan salat sunah
khusuf dengan salat sunah lain |
20 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan
tabel tentang shalat sunnah peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat
sunah dengan benar |
21 |
PG |
|
|
|
Disajikan
perilaku seorang peserta didik dapat menentukan salat sunah yang dilakukan
dengan benar |
22 |
PG |
|
|
Menjelaskan macam-macam shalat
sunah munfarid |
Ditampilkan
QS,al-Isra ayat 79 peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut
dengan benar |
23 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan
daftar nama-nama salat sunah peserta didik dapat menentukan salat sunah yang
dikerjakan berjamaah |
24 |
PG |
5 |
Memahami hikmah sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah |
Menjelaskan
ketentuan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah |
Ditampilkan
pernyataan terkait sebab-sebab sujud peserta didik dapat menjelaskan
sebab-sebab sujud |
25 |
PG |
|
|
|
Dideskripsikan
wacana tentang sujud peserta didik
dapat mengartikan arti sujud tilawah dengan benar |
26 |
PG |
|
|
Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi dan sujud
tilawah |
Ditampilkan
pernyataan terkait rukun sujud secara
acak peserta didik dapat menentukan urutan salah satu sujud secara urut dan benar |
27 |
PG |
|
|
|
Disajikan
ilustrasi tentang perilaku seorang
peserta didik dapat menentukan sujud yang dilakukannya |
28 |
PG |
|
|
|
Ditampilkan
ilustrasi tentang bentuk syukur peserta didik dapat mengidentifikasi tata
cara sujud syukur dengan benar |
29 |
PG |
6 |
Memahami
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah dan masa Abbasiyah |
Menjelaskan
perkembangan pada masa Umayyah |
Disajikan
tabel tentang tokoh dan bidang keahlian peserta didik dapat menentukan
pasangan yang tepat ilmuwan dan bidang keahliannya |
30 |
PG |
|
|
|
Disajikan
deskripsi tentang perkembangan ilmu masa Bani Umayyah peserta didik dapat
menentukan ilmuwan dan bidang keahliannya dengan tepat |
31 |
PG |
|
|
Menyebutkan
kemunduran pada zaman Umayyah |
Ditampilkan
pernyataan tentang sebab-sebab kemunduran Dinasti peserta didik dapat
mengkalisifikasi sebab-sebab kemunduran Bani Umayyah dengan benar |
32 |
PG |
|
|
Menyebutkan
kemunduran pada zaman Umayyah |
Disajikan
ilustrasi terkait kemajuan ilmu pengetahuan masa bani Umayyah peserta didik
dapat mengambil pelajaran dari perkembangan ilmu masa Umayyah |
33 |
PG |
|
|
Menjelaskan
perrkembanhan wilayah islam |
Disajikan ilustrasi pemerintahan
Dinasti Umayyah peserta didik |
34 |
PG |
|
|
pada masa bani Umayyah |
dapat menjelaskan penerus dinasti
umayyah di Andalusia |
|
|
7 |
Memahami QS. Al-Furqon:63 dan
al-Isra :26-27 dan hadis terkait tentang rendah hati,hemat dan hidup
sederhana |
Tajwid dan
hukum bacaan mad |
Disajikan
tabel tentang potongan ayat dan hukum bacaan peserta didik dapat menentukan
pasangan yang tepat ayat dan hukum bacaannya. |
35 |
PG |
|
|
Tajwid dan
hukum bacaan Qolqolah |
Ditampilkan
QS.al-Balad ayat 1 - 10 peserta didik dapat mengidentifikasi jumlah bacaan
qolqolah pada ayat tersebut dengan benar |
36 |
PG |
|
|
Menjelaskan kesimpulan QS.al-Furqon
63 |
Disajikan
QS.al Furqon ayat 63 peserta didik dapat mengartikan ayat yang bergaris bawah
dengan benar |
37 |
|
|
|
Menjelaskan kesimpulan QS.al-Isra |
Ditampilkan Surat Al-Isra ayat 27
peserta didik dapat menjelaskan |
38 |
PG |
|
|
ayat 27 |
kandungan ayat tersebut dengan benar |
|
|
|
|
Menjelaskan
kesimpulan QS.al-Furqon ayat 63 |
Disajikan
ilustrasi tentang perilaku seseorang peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri perilaku tersebut dengan benar |
39 |
PG |
|
|
Menjelaskan
kesimpulan QS.al-Isra ayat 27 |
Disajikan
ilustrasi hidup hemat dan sederhana peserta didik dapat menjelaskan manfaat
hidup hemat dan sederhana |
40 |
PG |
|
|
|
|
|
|
8 |
Meyakini kitab – kitab Allah
mencintai |
Memahami makna beriman kepada kitab- |
Peserta didik dapat menyebutkan
nama-nama kitab Allah beserta |
|
|
|
Al-Qur'an |
kitab Allah SWT. |
Rasul penerimanya |
41 |
Essay |
9 |
Menghindari
minuman keras, judi, dan |
Menunjukkan perilaku menghindari |
Peserta didik dapat menyebutkan cara
menghindari minuma keras |
|
|
|
pertengkaran |
minuman keras, judi, dan pertengkaran |
dalam kehidupan sehari-hari |
42 |
Essay |
|
|
dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
10 |
Memahami tata cara shalat
sunah |
Menjelaskan hikmah salat sunnah |
Peserta didik dapat menyebutkan
hikmah shalat sunnah |
43 |
Essey |
|
berjamaah dan munfarid |
|
|
|
|
11 |
Memahami hikmah sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah |
Menjelaskan
ketentuan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah |
Peserta didik dapat menjelaskan
perbedaan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi |
44 |
Essey |
|
|
|
|
|
|
12 |
Memahami
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah dan masa Abbasiyah |
Menjelaskan
perkembangan pada masa Umayyah |
Disajikan
deskripsi tentang kemunduran Dinasti Bani Umayyah peserta didik dapat
mengambil hikmah dari kehancuran Dinasti Bani Umayyah |
45 |
Essey |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Slawi,
Oktober 2019 |
|
|
|
|
|
TIM PENYUSUN KISI-KISI PAS PAI |
|
|
|
|
|
MGMP PAI SMP KAB. TEGAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment