RPP KURIKULUM 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SMP Negeri 1 Palu
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : VIII/Genap
Materi Pokok :
Ibadah Puasa Membuat Pribadi yang Bertakwa
Alokasi Waktu : 2 x
Pertemuan ( 6 JPL )
Pertemuan : I ( 3 x 40 menit )
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Pembelajaran dengn metode “ Problem Based Learning” peserta didik dapat:
1.
Menghayati puasa adalah melatih dan mendidik kesabaran dalam kehidupan sehari-hari
2.
Membiasakan melaksanakan puasa dalam kehidupan
sehari-hari
- Menjelaskan
pengertian puasa
- Menyebutkan
dalil tentang puasa
- Menyebutkan
rukun-rukun puasa.
- Menjelaskan macam-macam puasa wajib.
- Menyebutkan
hal-hal yang membatalkan puasa.
- Menyebutkan
orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan.
B.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Setelah salam, doa dan mengecek kehadiran siswa, guru melakukan
appersepsi dan motivasi tentang pentingnya berbuat baik kepada dan patuh kepada
orang tua dan guru;.
2.
Membaca surah-surah pilihan terutama yang berkaitan dengan materi yaitu
Q.s. Al-Baqarah/ 2 : 183
3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, garis besar cakupan
materi serta sintak model pembelajaran.
4.
Siswa berkelompok, membaca materi pada buku siswa
5.
Guru menayangkan gambar buruh bagunan yang sedang berpuasa atau
memberikan gambar serta permasalahan yang dihadapi si buruh yang berkaitan
dengan puasa.
6.
Peserta didik dalam kelompok diminta membaca dan menganalisis
permasalahan yang diberikan guru.
7.
Peserta didik dalam kelompok merumuskan solusi dari permasalahan
tersebut
8.
Setiap kelompok menuliskan hasil pemecahan masalah pada kertas HVS
9.
Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya, dan kelompok yang lain memberikan tanggapan.
10. Setiap kelompok membuat
peta konsep tentang puasa wajib.
11. Guru memberikan penguatan
dan menyampaikan kesimpulan dari materi puasa
12. Guru menyampaikan materi
pada minggu berikutnya dan menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
C.
Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1.
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis bentuk
pilihan ganda
2.
Penilaian
Keterampilan : Proyek
3.
Penilaian
sikap : Observasi saat
pembelajaran
Palu, 6 Januari 2020
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
Hj. Farida, S.Pd.,M.Pd Emi Indra, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19681020 199303 2 006 NIP. 19720713
199802 2 005
Hand Out Problem Based Learning
Pak Fulan adalah seorang muslim,
beliau bekerja sebagai buruh. Pada bulan ramadhan, pak Fulan giat mencarinafkah
menjadi buruh bangunan di kota besar. Beliau tetap menjalankan puasa ramadhan
saat bekerja, namun pada siang hari, saat matahari sangat terik, rasa haus dan
lemas menderanya. Tenaga pak Fulan seakan berkurang, beberapa kali ia istirahat
dan agak lambat menyelesaikan tugas. Hal ini menjadikan mandor bangunan sering
menegurnya, bahkan mengancam jika pak Fulan sering istirahatdan tidak memenuhi
target pekerjaan akan dipecat. Pak Fulan merasa sedih. Disatu sisi ia harus
tetap taat menjalankan puasa ramadhan, namun hal itu membuat tenaganya agak
berkurang. Disisi lain jika tidak bekerja, ia tidak dapat memberi nafkah anak
dan istrinya. Apa yang harus dilakukan pak Fulan? Berikan solusi !
Comments
Post a Comment