Kisi-Kisi US PAI SMP 20222/2023

KISI-KISI SOAL PENILAIAN SUMATIF AKHIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Nama Sekolah : SMP Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum : 2013 Alokasi Waktu : 90 Menit Bentuk Soal : PG, PG Kompleks, Menjodohkan, Jawaban Singkat, Uraian Tahun Pelajaran : 2022/2023 Paket : P-Utama No Kompetensi Dasar Bahan/ Kls Konten/Materi Level Kognitif Indikator Soal No Bentuk Soal 1 3.2 Memahami makna Q.S. an- Nisa/4: 146, Q.S. al- Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 serta Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf VII/1 Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 serta Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan Q.S. an-Nisa (4): 146/Q.S. al- Baqarah (2): 153/Q.S. Ali Imran(3): 134 peserta didik dapat menentukan cara membaca nun sukun/tanwin dengan benar 1 PG 2 3.2 Memahami makna Q.S. an- Nisa/4: 146, Q.S. al- Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 serta Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf VII/1 Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 serta Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf Level 3 Penalaran Disajikan Q.S. an-Nisa (4): 146/Q.S. al- Baqarah(2): 153/Q.S. Ali Imran(3): 134 atau hadis terkait, peserta didik dapat menganalisis perilaku sesuai ayat al-Qur’an/hadis dengan benar 16 PG Kompleks 3 3.1. Memahami makna Q.S. al- Mujadilah /58: 11, Q.S. ar- Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu VII/2 Q.S. al-Mujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan Q.S. al-Mujadilah (58): 11/Q.S. ar- Rahman (55): 33 peserta didik dapat menentukan hukum bacaan mim sukun pada ayat tersebut dengan benar 2 PG 4 3.1 Memahami Q.S. al- Furqan/25: 63, Q.S. al- Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, dan hidup sederhana VIII/1 Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan kutipan berita berkaitan dengan penerapan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 dalam perilaku sehar-hari, peserta didik dapat menentukan penerapan perilaku terpuji dengan benar 3 PG 5 3.1 Memahami Q.S. an-Nahl/16: 114 dan hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari- hari VIII/2 Q.S. an-Nahl/16: 114 dan hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan Q.S. an-Nahl/16: 114 tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi, peserta didik dapat mengartikan lafadz dari ayat tersebut dengan benar. 4 PG 6 3.2. Memahami Q.S. an-Nahl/16: 114 dan Hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari- hari VIII/2 Q.S. an-Nahl/16: 114 dan hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari Level 3 Penalaran Disajikan gambar terkait makanan dan minuman yang halal dan bergizi, peserta didik dapat menganalisis manfaat mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dengan benar 5 PG 7 3.1. Memahami Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an- Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait. IX/1 Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an- Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān / 3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan Q.S. az- Zumar/39: 53, atau Q.S. an- Najm/53: 39-42, atau Q.S. Ali Imrān / 3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait, peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan ayat dengan benar 6 PG 8 3.2. MemahamiQ.S. al- Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait. IX/2 Q.S. al- Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan Q.S. al- Hujurat/49: 13, , peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut dengan benar 41* Uraian 9 3.2. MemahamiQ.S. al- Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait. IX/2 Q.S. al- Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait Level 3 Penalaran Disajikan kutipan berita tentang toleransi dan menghargai perbedaan, peserta didik dapat menganalisis isi berita terkait perilaku sesuai Q.S. al- Hujurat/49: 13 dengan benar. 17 PG Kompleks 10 3.3 Memahami makna Asmaul Husna : al-‘Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir VII/1 Aqidah/Al-Asmaul Husna : al-‘Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al- Bashir Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan perlaku yang sesuai asmaul husna dengan tepat 18 PG Kompleks 11 3.4 Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli VII/2 Aqidah/ Iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan ilustrasi terkait hari kiamat, peserta didik dapat menentukan implementasi yang sesuai dengan tugas para malaikat dengan benar 7 PG 12 3.4 Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli VII/2 Aqidah/ Iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli Level 2 Aplikasi/ Penerapan Ditampilkan dalil naqli iman kepada malaikat, peserta didik dapat menentukan sifat -sifat malaikat Allah dengan tepat 19 PG Kompleks 13 3.3 Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah swt. VIII/1 Aqidah/ Beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt. Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan narasi, peserta didik dapat menentukan isi dari kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya secara tepat 8 PG 14 3.4 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt. VIII/2 Aqidah/ Beriman kepada Rasul Allah Swt. beriman kepada Rasul Allah Swt. Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan sebuah narasi, peserta didik dapat menyebutkan perilaku sebagai implementasi meneladani sifat-sifat wajib rasul Allah dengan benar 42* Uraian 15 3.6 Memahami makna beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. VIII/2 Aqidah/Beriman kepada Rasul-rasul Allah Level 3 Penalaran Disajikan sebuah kisah Rasul, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Rasul Allah SWT dengan tepat 9 PG 16 3.3. Memahami makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar makhluk ciptaan-Nya IX/1 Aqidah /Iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan ayat al-Qur’an terkait iman kepada hari akhir, peserta didik dapat menjelaskan gambaran peristiwa hari akhir sesuai ayat tersebut dengan benar 10 PG 17 3.4 Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya IX/2 Aqidah /Iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya Level 2 Aplikasi/ Penerapan Ditampilkan contoh peristiwa dalm kehidupan, peserta didik dapat mengidentifikasi takdir mubram/muallak dengan benar 20 PG Kompleks 18 3.4 Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya IX/2 Iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terrhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya Level 3 Penalaran Disajikan contoh suatu peristiwa, peserta didik dapat menganalisis perilaku sesuai iman kepada Qadha dan Qadar dengan benar 11 PG 19 3.5 Memahami makna perilaku ju jur, amanah, dan istiqamah VII/1 Perilaku jujur, amanah, dan istiqamah Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan kisah terkait perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji, jujur, amanah, atau istiqamah secara tepat 12 PG 20 3.6 Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama. VII/2 Hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama Level 3 Penalaran Disajikan kisah inspiratif terkait perilaku terpuji, peserta didik dapat menyimpulkan cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua guru dengan benar 13 PG 21 3.5 Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran VIII/1 Bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan petikan suatu kisah, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negatif dari mengonsumsi munuman keras 14 PG 22 3.6 Memahami makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama VIII/2 Makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama Level 3 Penalaran Disajikan ilustrasi perilaku terpuji, peserta didik dapat menganalisis perilaku beramal saleh dengan benar 15 PG 23 3.6 Memahami makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama VIII/2 Makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat perilaku berbaik sangka dengan benar 21 PG Kompleks 24 3.5. Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran VIII/1 Bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan narasi tentang kehidupan sehari- hari, peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif mengonsumsi minuman keras, judi dan pertengkaran 43* Uraian 25 3.7 Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu. IX/2 Tata krama, sopan santun dan rasa malu Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan deskripsi tentang stuasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh sikap tata krama, santun atau rasa malu dengan benar. 22. PG Kompleks 26 3.7 Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu. IX/2 Tata krama, sopan santun dan rasa malu Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan beberapa pernyataan tentang tata krama, peserta didik dapat menyebutkan contoh tata krama dengan benar 23. PG Kompleks 27 3.7 Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu. IX/2 Tata krama, sopan santun dan rasa malu Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan manfaat sikap tata krama, santun dan malu dengan tepat 24. PG Kompleks 28 3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syariat Islam VII /1 Ketentuan bersuci dari hadas besar. Level 1 Pengetahuan Dan pemahaman Disajikan beberapa pernyataan terkait dengan pelaksanaan mandi wajib, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang menyebabkan wajib mandi dengan benar 25. PG Kompleks 29 3.9. Memahami ketentuan salat Jumat VII/2 Ketentuan salat Jum’at. Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan ilustrasi terkait shalat Jumat, peserta didik dapat menentukan hikmah shalat Jumat dengan benar 26. Menjodohkan 30 3.10. Memahami ketentuan salat jamak qasar VII/2 Ketentuan salat jamak qasar. Level 3 Penalaran Disajikan ilustrasi tentang perjalanan, peserta didik dapat menentukan pilihan shalat jamak qasar yang sesuai dengan benar 27. Menjodohkan 31 3.8. Memahami tata cara sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi VIII/1 Sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan beberapa pernyataan tentang pelaksanaan beberapa sujud, peserta didik dapat menunjukkan cara melaksanakan sujud tertentu yang sesuai. 28. Menjodohkan 32 3.7 Lebih Dekat Kepada Allah dengan Mengamalkan Salat Sunah VIII/1 Salat Sunah Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan beberapa pernyataan tentang karakteristik shalat sunah, peserta didik dapat menentukan jenis shalat yang sesuai 29. Menjodohkan 33 3.9. Memahami tata cara puasa wajib dan sunah VIII/2 Puasa wajib dan sunnah. Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan karakteristik tentang puasa wajib, peserta didik dapat menentukan jenis puasa yang sesuai. 30. Menjodohkan 34 3.10. Memahami ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al-Qur’an dan Hadis VIII/2 Makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al- Quran dan Hadits Level 3 Penalaran Disajikan ilutrasi tentang jenis makanan dan minuman, peserta didik dapat menentukan hukum makanan tersebut dengan tepat 31. Jawaban Singkat 35 3.8 Memahami ketentuan zakat IX/1 Ketentuan zakat Level 3 Penalaran Disajikan ilustrasi data tentang harta milik muzaki yang akan membayar zakat, peserta didik dapat menentukan besaran zakat yang dikeluarkan dengan benar. (ESSAI) 44* Uraian 36 3.9 Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah IX/1 Ketentuan ibadah haji dan umrah. Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan narasi tentang haji dan umrah, peserta didik dapat menentukan wajib haji dengan benar 32. Jawaban Singkat 37 3.11. Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. VII/1 Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan narasi tentang sejarah dakwah Nabi Muhammad saw., peserta didik dapat menunjukkan orang-orang yang tergolong assaabiquunal awwalunn dengan tepat. 33. Jawaban Singkat 38 3.12 Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al- Khulafa al-Rasyidun VII/2 Sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan narasi perjuangan dan kepribadian salah satu al-Khulafa al-Rasyidun, peserta didik dapat menganalisis teladan yang dapat diikuti dari salah satu al-Khulafa al- Rasyidun tersebut dengan benar. 45* Uraian 39 3.11 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah VIII/1 Sejarah/Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Umayah Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan narasi tentang ilmuwan pada masa Bani Umayah, peserta didik dapat menunjukkan cendekiawan muslim dan hasil karyanya dengan tepat 34. Jawaban Singkat 40 3.11. Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah VIII/1 Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan narasi tentang salah satu Khalifah Bani Ummayah, Peserta didik dapat menyebutkan usaha yang dilakukannya dengan benar. 35. Jawaban Singkat 41 3.12 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah VIII/2 SPI/ Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah Level 1 Pengetahuan dan Pemahaman Disajikan narasi perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah, peserta didik dapat menentukan tokoh cendekiawan dan keahliannya dengan benar. 36. Jawaban Singkat 42 3.14 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah VIII/2 Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah Level 3 Penalaran Disajikan narasi tentang sebuah kota yang menunjukkan perkembangan kebudayaan masa Abbasiyah, peserta didik dapat menyebutkan nama kota yang dimaksud dengan benar. 37. Jawaban Singkat 43 3.9. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara IX/1 Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara Level 2 Aplikasi/ Penerapan Disajikan narasi tentang proses masuknya Islam ke Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi cara masuknya dengan benar. 38. Jawaban Singkat 44 3.10. Memahami sejarah tradisi Islam di Nusantara IX/2 Sejarah tradisi Islam di Nusantara Level 2 Aplikasi/Pene rapan Disajikan narasi tentang proses bercampurnya kebudayaan, peserta didik dapat menyebutkan istilahnya dengan benar. 39. Jawaban Singkat 45 3.13. Memahami sejarah tradisi Islam di Nusantara IX/2 Sejarah tradisi Islam di Nusantara Level 3 Penalaran Disajikan narasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar. 40. Jawaban Singkat Slawi, Februari 2023 IM PENYUSUN KISI-KISI SOAL PENILAIAN SUMATIF AKHIR PAI DAN BP 2023 MGMP PAI SMP KABUPATEN TEGAL

Comments

Popular posts from this blog

SOAL-SOAL TENTANG ADAB KEPADA GURU.